Kapalo Banda Taram mulanya adalah sebuah irigasi yang dibangun untuk mengairi lahan pertanian dan perkebunan masyarakat setempat.
Niat baik masyarakat yang ingin memanfaatkan aliran air sungai menjadi hal yang bermanfaat bagi hasil bumi, ditambah dengan tindakan nyata dari pemerintah setempat dari mulai desain sampai ke tahap pembangunan, mejadi surga yang tersembunyi dari mata wisatawan.
Namun, sejak diekspos di media sosial, nama Kapalo Banda Taram menjadi naik daun. Bayangkan saja, lokasi itu kini disebut sebagai objek wisata yang potensial di Payakumbuh.
Kapalo Banda Taram sendiri terletak di Desa Taram Kec. Harau Kab. Lima Puluh Kota, sekitar 11,5 kilometer dari pusat Kota Payakumbuh. Tapi, jalan menuju danau itu bukanlah jalur utama, sehingga dulunya jarang ada orang yang mengunjungi kawasan tersebut.
Yang menarik dari Kapalo Banda Taram adalah danau itu dikelilingi bukit-bukit hijau yang indah. Pepohonan di sekitar danau juga menghidupkan suasana damai yang tercipta. Suara gemericik air juga membuat traveler betah berlama-lama di sana.
Kapalo Banda Taram berada di dataran tinggi Payakumbuh yang notabene sebagai bagian dari Bukit Barisan Sumatera Barat, dikelilingi bukit dan hamparan hutan yang hijau menjadikan panorama yang memanjakan mata yang melihat.
Meskipun Kapalo Banda Taram menjadi objek wisata, namun tidak merubah kodrat dasarnya sebagai irigasi yang memberikan berjuta kehidupan bagi lahan pertanian dan perkebunan yang dilalui oleh airnya.

Genangan air di kawasan Kapalo Banda Taram sangat bersahabat bagi semua kalangan. Kedalama airnya hanya sampai lutut, dan di beberapa titik hanya 1 sampai 1,5 meter. Adapun kedalam air dari anak sungai yang menuju irigasi tersebut hanya 50 cm.
Posisi air yang tidak dalam, ditambah air yang masih jernih, menjadikan sebuah pemandangan alam seolah-olah hamparan kaca aquarium yang di dalamnya terlihat jelas batuan kerikil kecil, serta sesekali ikan yang muncul malu-malu.
Kapalo Banda Taram adalah surga tersembunyi yang tabirnya terbuka oleh keajaiban teknologi, karya alam yang berkolaborasi dengan karya manusia. Inilah objek wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga anda.

Ragam Wisata Dan Aktivitas Di Kapalo Banda Taram

Pada mulanya hanya sebuah irigasi yang dimanfaatkan airnya untuk kebutuhan sehari-hari. Namun karena statusnya bertambah menjadi objek wisata, maka Kapalo Banda taram kian berbenah demi memanjakan para pengunjung yang datang.

Adapun sajian wisata saat berkunjung ke kawasan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Wisata Rakit
Pernahkah kalian nonton film kungfu china? Dimana ada seorang pendekar yang menyusuri sungai menggunakan rakit, sambil tegap berdiri, kemudian rakit tersebut berjalan di perairan dengan pemandangan alam sekitar yang sangat indah.

Itulah sensasi ketika para pengunjung naik rakit di objek wisata Kapalo Banda taram. Sebuah rakit yang dinaiki dengan hamparan air yang jernih, pemandangan hutan dan pegunungan yang indah, serta dimanjakan oleh kesejukan udara alam menjadi sebuah kenikmatan wisata yang luar biasa.
Tarif yang dikenakan kepada pengunjung yang hendak naik rakit sebesar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per jam nya. Tarifnya sangat bersahabat, jauh dengan sensasi kenikmatan yang didapat oleh para pengunjung.

2. Ayunan
Santai dulu mas bro, ayunan ini beda dengan yang lainya. Tali ayunan diikat ke pepohonan yang ada di samping kiri dan kanan, dan yang menjadi luar biasanya ayunan tersebut berada di atas permukaan air anak sungai yang menuju irigasi.

Pada saat pengunjung menikmati ayunan ini, sesekali sambil memainkan air yang menyentuh kaki. Tetapi hati-hati ya, jangan sampai ketiduran karena kenikmatan yang memanjakan saat berada di atas ayunan tersebut.

3. Makam Dan Surau Tua
Ternyata Kapalo Banda Taram bukan hanya sekedar wisata alam saja, namun mampu menjadi wisata religi dan sejarah.

Terdapat makam bersejarah tokoh penyebar agama Islam yang berasal dari negara Irak yang bernama Syekh Ibrahim Mufti.

Surau Tua menjadi bangunan bersejarah sebagai pusat pengembangan ajaran Islam saat itu di Ranah Minang Sumatera Barat.

Sungguh menjadi perjalanan wisata yang tak ternilai harganya, wisata alam yang berpadu dengan wisata religi dan wisata sejarah.

4.Pesona Alam Dan Spot Selfie
Tidak usah diragukan lagi tentang keindahan pesona alam yang tersaji di sana. Pemandangan pegunungan yang tegak berdiri gagah, hamparan hutan hijau yang luas, air yang jernih, serta udara yang sejuk menjadi hidangan panorama di Kapalo Banda Taram.

Banyak sekali spot selfie yang sangat cocok seklai untuk diposting di media sosial para pengunjung. Maka jangan sampai terlewatkan momen dan view yang keren terabadikan oleh kamera anda.

5. Bermain Air
Bagi para wisatawan yang datang berkunjung membawa keluarga khususnya anak-anak, jangan khawatir, karena terdapat lokasi yang sangat cocok untuk anak-anak anda bermain air sambil berkenalan dengan alam.

Jangan sampai terlewatkan momen kebahagiaan anda bersama keluarga ketika berada di lokasi Kapalo Banda Taram. Dan sesekali lihatlah ekspresi anak-anak anda yang merasa gembira saat bermain air.

nativeindonesia.com

Google Map ke Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda dilihat dari udara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *